Grup LINE vs Whatsapp

Dengan munculnya period smartphone, saat ini aplikasi untuk chatting semakin ngetrend. Salah satu fitur yang sangat bermanfaat yaitu grup chat. Per ada komunitas, biasanya orang-orang di komunitas tersebut akan membuat grup chat agar dapat menjadi tempat bercengkerama dan berbagi informasi. Misalnya grup alumni, grup karyawan kantor, grup pengurus, grup teman most important, dsb.

Saat ini berdasarkan pantauan saya, ada 2 aplikasi terbesar yang biasa digunakan untuk membuat grup chat, yaitu LINE dan Whatsapp (WA). Kedua aplikasi ini dapat di-install di berbagai OS, baik Android, iPhone, maupun Blackberry. Kita dapat chatting, sharing foto & video, bahkan ada fitur voice name lagi (walaupun pas saya coba agak ada delay, biasa lah VoIP :P). Jadi mana kah dari 2 aplikasi tersebut yang lebih baik? Berikut perbandingannya dari berbagai aspek:

β€”

Kapasitas Anggota

Saat ini ada batasan jumlah anggota yang dapat di-invite ke dalam grup. Untuk WA, kapasitasnya 100 orang. Sedangkan LINE dua kali lipatnya, yakni 200. Jika anggotanya ada di bawah 100, maka aman-aman saja pilih mana pun. Sedangkan jika di atas 100, maka mendingan LINE agar semua dapat masuk. Sedangkan jika di atas 200, keduanya tidak muat deh XD. Lagipula kalo grup isinya terlalu rame biasanya banyak yang tidak aktif, dan yang aktif pun banyak yang nyampah, hehehe..

β€”

Stabilitas

Aplikasi yang bagus adalah yang stabil dan dapat diandalkan saat dibutuhkan. WA dapat dibilang merupakan aplikasi yang lebih β€˜ringan’ daripada LINE. Memang beberapa orang yang mengakses LINE melalui smartphone yang low-end, kadang HP-nya suka jadi lambat, bahkan nge-hang. Padahal saat membuka WA aman-aman saja. Memang, fitur di LINE bisa banyak makanya bikin agak berat. Tapi kalo HP-nya pada bagus-bagus sih no problemo πŸ˜€

β€”

Akses Melalui Komputer

Ada saatnya kita lebih favor ngecek chat melalui PC/laptop computer. LINE dari dulu telah dapat diakses melalui aplikasi desktop. Sedangkan WA beberapa bulan lalu telah meluncurkan fitur Whatsapp Internet yang memungkinan untuk mengakses WA melalui browser. Hanya saja untuk memakai fitur ini, WA di HP harus lagi aktif dan tersinkron. Berbeda dengan LINE yang independen, jadi tetep dapat akses LINE di komputer meskipun di HP tidak terinstall LINE.

β€”

Board Publish

Pada suatu grup chat, pasti banyak sekali informasi yang dishare. Agar data penting tidak hilang ataupun tertimbun chat-chat, maka sebaiknya disimpan di Board Publish. Fitur ini hanya ada di LINE, dapat dikomentari pula. Bahkan anggota yang baru gabung pun tetep dapat lihat post-post sebelumnya. Berhubung di WA tidak ada fitur ini, kadang diakali dengan menyimpan data tersebut dalam bentuk gambar. Nanti jika ingin ngecek lagi, tinggal cari di album WA.

β€”

Emoticon

Bagi sebagian golongan, emoticon penting untuk mengekspresikan emosi. Line dari dulu terkenal dengan stikernya yang lucu-lucu dan bervariasi, bahkan ada yang dapat gerak-gerak. Berbeda dengan WA yang emoticonnya standar. Tapi untuk grup yang formal, stiker yang alay gitu lagi kurang cocok sih..

***

Demikian beberapa perbandingan LINE dan WA dari beberapa aspek. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Silakan dipilih sesuai kondisi dan kebutuhan anggota. Mungkin ada yang mau menambahkan? ^^

Kalo pada beberapa grup chat saya sih, di LINE dan Whatsapp sama-sama dibuat grupnya. Untuk percakapan sehari-hari dilakukan di WA. Sedangkan jika ada data penting, dapat di-post di LINE. Ada yang gitu lagi kah? πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *